10 PEBASKET TERBAIK DI DUNIA

Dunia bola Basket kaya akan sejarah. Permainan yang telah berumur hampir 68 tahun ini telah dihiasi oleh jutaan pemain, klub dan sejumlah organisasi. Selama 68 tahun itulah kita telah banyak menyaksikan aksi pemain-pemain hebat yang telah datang dan pergi tetapi apakah anda mengetahui siapakah pemain Basket terbaik sepanjang sejarah?

Pemain Basket terbaik di dunia dinilai dari statistik permainannya di lapangan, keberhasilannya dalam membawa tim yang dibelanya serta berbagai penghargaan individu yang ditoreh selama karirnya. Apakah setiap pemain Basket ini memiliki kriteria dan kemampuan seperti seorang Kobe Bryant atau LeBron James? Daripada berlama-lama, mari kita bersama-sama melihat daftar dibawah ini tentang 10 pemain Basket terbaik sepanjang masa diantaranya adalah :

– 1. Michael Jordan

Michael Jordan dikenal luas sebagai pebasket terbaik di dunia. “MJ” selalu mencapai tingkat tertinggi dalam permainan dan meraih beberapa penghargaan bergengsi. Sosok sang legenda Chicago Bulls ini mendominasi kedua sisi permainan, ia berhasil mengumpulkan 11 All-NBA, 9 All-Defensive First Team dan 10 kali topscorer disepanjang karirnya. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang pebasket terbaik di dunia.

Pada tahun 1988, ia berhasil memenangkan MVP, Defensive Player of the Year, dan gelar skor NBA. Tahun 1988 adalah musim terbaiknya dimana ia menciptakan rekor: 35 poin pada rata-rata tembakan sebesar 53%, 5,5 rebound, 5,9 assist, 3,2 steal dan 1,6 block. Dan jelas, Michael Jordan adalah yang terbaik dari yang terbaik alias Best of the Best!

– 2. Bill Russell

Salah satu pemain bertahan terbaik dalam sejarah permainan Bola Basket karena berkat dirinya, tim Boston Celtics mampu mencetak rekor dengan menjuarai kemenangan NBA sebanyak 11 kali. Bill Russell adalah sosok yang menarik, ia tidak mempunyai statistik penyerangan namun peformanya jauh melebihi angka. Russell selalu mendominasi permainan bertahan. Dan jika gelar Final MVP diberikan sepanjang karirnya, mungkin ia sudah memenangkan lebih banyak gelar daripada pebasket lain yang berada didalam daftar ini.

– 3. Magic Johnson

Magic Johnson memulai karirnya dengan baik dan ia tidak pernah melihat ke belakang. Ia berhasil memenangkan Final MVP sebagai pendatang baru dan seketika itu juga, namanya menjadi terkenal di dunia. Dirinya kerap dibanding-bandingkan dengan Kareem Abdul-Jabbar. Magic telah mengabdikan hidupnya di dunia basket dengan Los Angeles Lakers selama 9 tahun dan pernah merajai assist dalam sejarah NBA bersamanya. Dalam kiprahnya selama 14 tahun ia telah mengumpulkan 10 All-NBA.

– 4. Kareem Abdul-Jabbar

 border=

Jauh sebelum Duncan, ternyata ada model konsistensi yang khas yaitu Kareem Abdul-Jabbar. Kemampuan ciamik yang kerap dipertontonkan diatas lapangan selama 20 musim adalah bukti sebuah kebesarannya. Dan ini adalah beberapa rekor terbaik seorang Kareem: menjadi top scorer terbanyak dalam sejarah NBA, mendapatkan gelar MVP sebanyak 6 kali, dinobatkan menjadi 15 All-NBA, dinobatkan menjadi 11 All-Defense dan tampil sebagai 19 All-Star.

– 5. Larry Bird

Komentator, Derrick Rose telah memberikan penilaian yang bagus untuk Larry Bird didalam sebuah wawancara eksklusif dengan Rappler Sports baru-baru ini. Bird selalu mendominasi setiap permainan. “Bird boleh saja tidak mempunyai tubuh atletis seorang pebasket seperti pemain lainnya, namun Tuhan menciptakan Bird dengan menganugerahinya IQ tinggi didalam dunia Basket sehingga ia mempunyai segudang keterampilan baik yang mematikan pemain lawan dan memiliki jiwa kompetitif yang tinggi”, tutur Rose.

Bird berhasil memimpin Boston Celtics untuk menjuarai 3 gelar NBA, 3 MVP musim reguler dan 2 Final MVP selama karirnya. “Larry Legend” terpilih untuk masuk menjadi 10 All-NBA dan 3 All-Defense Teams selama 13 tahun berkarir di dunia Basket.

– 6. LeBron James

LeBron James memasuki dunia NBA dengan dibebani suatu harapan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Sang superstar tim Miami Heat ini sudah menjuarai ajang NBA lebih dari dua kali dan sampai sekarang, ia berfokus untuk mencetak sejarah baru didalam dunia NBA.

Hanya menjalani 10 musim selama karirnya di dunia Basket, ia sudah berhasil menjelma menjadi sosok salah satu pemain Basket terbaik sepanjang masa. Anda boleh melihat rekor jumlah MVP yang pernah diraihnya. “King James” sudah menjadi dua pemain yang hebat dan ia dinobatkan untuk masuk ke dalam 9 All-NBA dan 5 All-Defensive Teams.

– 7. Wilt Chamberlain

Jikalau membicarakan dirinya, mungkin Wilt Chamberlain adalah sosok “Shaq” pada masanya dan ia adalah salah satu pebasket terbaik sepanjang masa. Dominasi permainan Chamberlain diatas lapangan sudah banyak diakui dan seiring berjalannya waktu, ia terlihat seperti sosok sang legenda basket. Ia adalah pebasket yang disegani kawan maupun lawan. Di musim reguler tahun 1961/62, ia berhasil melesakkan rata-rata 50,4 poin dan melakukan 25,7 rebound.

Dari rata-rata tersebut sebenarnya terdengar cukup gila untuk seukuran pebasket Wilt. Kalau kita boleh bicara seandainya, seandainya Wilt Chamberlain hidup di masa kini mungkin dirinyalah yang berhak menjadi pebasket terbaik nomor 1 di dunia, jauh mengalahkan rekor Michael Jordan.

– 8. Tim Duncan

Tim Duncan merupakan model konsistensi yang khas. Melihat statistik permainannya sepanjang tahun, saya jamin anda tidak akan menemukan banyak variasi didalamnya. “The Big Fundamental” berhasil memimpin San Antonio Spurs ke 4 kejuaraan NBA sekaligus memenangkan 3 gelar Final MVP. Rekor kemenangan sempurnanya pada musim lalu harus tercoreng karena timnya kalah dalam pertandingan ketujuh melawan Miami Heat namun empat dari kelima pertandingan tidak terlalu buruk baginya. Duncan akhirnya terpilih untuk menjadi 14 All-NBA All-Defensive dan sampai sekarang, peformanya masih tetap meroket bersama tim yang dibelanya.

– 9. Shaquille O’Neal

Shaquille O’Neal adalah pebasket yang terbaik di generasinya atau mungkin sepanjang masa. Ia sering digambarkan sebagai pebasket yang mempunyai kekuatan besar diatas lapangan. Shaq berhasil memimpin Lakers Los Angeles untuk meraih 3 gelar kejuaraan NBA berturut-turut pada awal tahun 2000-an sekaligus memenangkan 3 gelar Final MVP. Ia juga berhasil menyabet MVP musim reguler tahun 2000 dan masuk 14 All-NBA Teams selama karirnya di dunia Basket.

– 10. Hakeem Olajuwon

Ia dianggap sebagai salah satu pemain Basket terbaik dalam sejarah permainan Bola Basket dunia, permainan yang disuguhkan Hakeem Olakuwon dapat menimbulkan decak kagum para penonton. Ia sering mengecoh para pemain belakang lawan dengan gaya khasnya yang dikenal gerakan “Dream Shake”.

Gaya permainan Olajuwon sering dikaitkan dengan pebasket terkenal seperti Kobe Bryant, LeBron James dan Dwight Howard. Olajuwon juga mengakui sering melihat gaya bermain ketiga pebasket tersohor tersebut dan mempraktekkannya sewaktu masa latihan guna meningkatkan kemampuannya diatas lapangan. Disisi pertahanan, Olajuwon adalah salah satu pemain bertahan terbaik di dunia Basket, terbukti dari jumlah rata-rata blok 3,3 per-game.

“The Dream” memimpin tim Houston Rockets untuk masuk ke kejuaraan NBA dan berhasil memenangkan 2 Final MVP dan 1 MVP msuim reguler. Dia adalah satu-satunya pemain dalam sejarah NBA yang berhasil meraih MVP musim reguler, Final MVP, Defensive Player of the Year pada tahun yang sama (1994).